Kurikulum SDIT Qatrunnada

Pembelajaran di SDIT Qatrunnada menekankan pembelajaran fun and active learning. Proses pembelajaran dirancang dengan mengintegrasikan pendidikan akhlak islami berbasis Multiple Intelligences Strategy yang memungkinkan setiap peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai kecerdasan yang dimilikinya sehingga semua pelajaran yang diberikan dapat lebih mudah dipahami.

Pembentukan akhlakul karimah menjadi fokus utama dalam proses pembelajaran dengan penanaman 10 muwashofat, baik melalui penanaman karakter muslim yang baik, pembiasaan ibadah, juga melalui tekhnik motivasi kisah Rasul atau Sahabat yang diinfiltrasi ke dalam mata pelajaran.

Dalam aktivitas pembelajaran, guru menggunakan pendekatan multiple intelligences strategy. Yaitu strategi mengajar sesuai dengan pintu-pintu kecerdasan peserta didik. Peta belajar peserta didik diperoleh dari hasil tes observasi yang dilakukan ketika awal calon peserta didik masuk.

Dalam aktivitas keseharian, Qatrunnada mencoba memadukan kurikulum berbasis Al Qur’an dengan muatan kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam pelaksanaan pembelajarannya, Qatrunnada memasukan referensi nilai-nilai Al Qur’an dan Hadits ke dalam setiap pembelajaran. Sehingga buku teks pelajaran bukanlah satu-satunya sumber pembelajaran, melainkan juga menjadikan Al Qur’an dan Hadits sebagai bahan pembelajaran peserta didik.

Muatan pembelajaran peserta didik antara lain:

  1. Kegiatan Pagi (Circle Time)
  2. Shalat Dhuha
  3. Dzikir Al Ma’tsurat
  4. Asmaul Husna
  5. Pembacaan Hadits (Arbain, Riyadus Shalihin)
  6. Tahsin
  7. Tahfidz
  8. Pelajaran Reguler
  9. Ekstakurikuler
  10. Mentoring (khusus hari Jum’at)
  11. Pembinaan Prestasi
  12. Pendalaman Materi (khusus kelas 6)

Silakan tulis tanggapan atau pertanyaan di sini.. :D